Minggu, 16 Oktober 2011

Keputusan ANGKAT RAHIM yang Menyedihkan

Salam sejahtera,
Saya menulis di blog ini, ingin berbagi / share mengenai apa yang aku alami. Hidup ini berjalan terus. Dan harus aku syukuri!!! Sekalipun keliatan ada banyak kerikil2 yang tajam....aku sadar Tuhan tdk pernah menjanjikan hidup tanpa badai, Tuhan tidak pernah mengiming2i cuaca akan trus cerah...namun aku tahu satu hal "Tuhan memberi aku kekuatan" ...sekalipun tidak ada dasar berharap..TAPI AKU TETAP HIDUP DALAM SISA HARAPAN!!!!
Saya,sudah menikah sekitar 11 tahun, ....4 sd 5 tahun dalam pernikahan saya tdk ada masalah dgn rahim saya.smuanya normal dan dinyatakan bersih oleh dokter kandungan.Selama itu pula saya tetap berharap utk dianugerahi seorang baby boy or baby girl yang lucu, .....berharap utk sesuatu hal yg menurut aku masih 'MUNGKIN"..... suamiku selalu menolak untuk ke dokter..tp hrs kuhormati apapun keputusan nya... "that is wife'

Masa2 thn ke 6 dokter menyatakan ada KISTA/MIOM tumbuh di rahimku.....dunia seperti Kiamat.Tapi aku harus berperang sebab penyakit bukanlah akir segalanya..Operasi pengangkatan MIOM/Kista dilakukan sekitar thn 2006 di RS Hermina Jatinegara......dengan segala keberanian dan kekuatan , pasti smua akan berjalan lancar.Yaaaaaach!!!Kenyataannya demikian!!!!Singkat cerita, Selesai Operasi tersebut sampai akirnya saya kembali menjalani operasi ke 2 di RS Harapan kita thn 2008.....dengan keluhan dan diagnosa yg sama KISTA ADENOMIOSIS/PERLENGKETAN. Rasanya begitu melelahkan...,berada di atas meja operasi antara hidup dan mati...seperti menjalani sebuah kehidupan yang GEMBLING.......bertanya apakah masih bisa bernafas pada 1 atau 2 jam kedepan???atau memang berakhir sampai disini??? Dan saya yakin pertanyaan yang sama bagi setiap insan yang berada di atas meja operasi yg siap di bedah tangan2 dokter, sebab diatas kepinteran dokter2 yg memegang pisau...... ada satu TANGAN/KEHENDAK yg kita tdk tahu selain BERHARAP!!!
2008 terlewati........................berharap ini adalah kali terakhir di atas meja operasi.Sekalipun dokter mengatakan 'sulit untuk memiliki keturunan....yach!!!sekalipun tdk ada dasar.................aku tetap berharap...karena hanya dgn cara inilah aku bisa sembuh total!!!
2010.....................genap 10 tahun pernikahan kami, ada sebuah kerinduan, ingin menimang seorang bayi yg lahir dari rahim aku sendiri...sekalipun aku sudah memiliki seorang 'gadis kecil' anak angkat kami yg kami sayangi.....tapi harapan itu ternyata blm pudar......kerinduan itu terus bertumbuh di hatiku sebagai seorg wanita...'Tuhan....aku tahu dalam segala perkara Tuhan punya RENCANA'....Dengan segenap sisa kekuatan  yang aku miliki...aku sepakat dgn suami utk melakukan proses bayi tabung ...kami berkonsulasi dgn seorg dokter ckp terkenal,.....mulailah kami proses BT.....bagi aku uang bisa dicari lagi, kami sepakat utk menjual dan mengganti mobil kami dgn yg lbh murah spy kami bisa melakukan proses BT ...mengingat biaya nya lumayan mahal.Sebuah proses yang lumyan RUMIT dan membutuhkan extra waktu dan tenaga....kami hrs siap dgn antrian panjang pasien dokter....blm lagi biaya2 yg kluar dan membengkak ckp membuat stressss!!!!Tapi Semangat masih ada!! Proses demi proses.....................ada satu hal yg membuat aku menangis.... ketika satu saat dokter memvonis my husband dengan OLIGOASPERMIA....yaitu invertil !!!!Dan pada kondisi ini tdk ada jln lain selain BT(Bayi tabung)....Kalau anda bertanya kenapa saya cry????yah!!!!Krn saya baru tahu....inilah 80% penyebab kami tdk pernah berhasil!!!!Ini pula jawaban kenapa my husband tdk pernah mau memeriksakan kondisinya ke DR....????Kenapa tdk saya tahu sejak dini?????Tapi sdh lah...sebagai seorang istri saya tetap hrs mengakui bhw dibalik kekurangannya, ada segudang kelebihan yg dia miiliki....dia begitu menyayangi saya, memberi aku support dan tdk pernah sedikitpun terbersit utk berpaling....... dari sekian dialog saya dan dia... my husband selalu menyatakan kl dia tdk akan pernah bisa hidup tanpa aku............aku hanya bisa pasrah, mengingat semua pengorbanan nya, mengingat smua sayangnya...mengingat smua yg pernah tercipta antara kami....sampai akhirnya......proses BT kami harus hentikan krn secara tiba2 saya mengalami perdarahan haid yang panjang.....yang menyebabkan HB saya drop sampai 8 dan harus ditransfusi ya!!!Saya menderitaANEMIA karena pendarahan yg cukup lma.Sejak saya divonis ANEMIA.......'ANGKAT RAHIM" menjadi pertimbangan saya!!!!

ANGKAT RAHIM?????
Angkat rahim adalah sebuah kata yg tdk pernah aku mimpikan...sebagai wanita, sekalipun kelihatan mimik aku bergembira......tapi JUJUR...HATIKU SANGAT BERDUKA!!!!! ADa kalanya aku menangis sendirian tanpa seorangpun yang tahu...Ketika suamiku ke kantor, aku rajin membuka internet mencari tahu ttg histerektomi.......setiap kali aku membaca dan bertambah pula pengetahuanku...tdk bisa mengubah rasa kesedihanku....Entahlah aku merasa seperti sebuah hukuman....Tuhan..adakah yg salah dengan diriku???Seberat apa dosa ku???

Tanggal 4 Oktober 2011....hari saat aku memutuskan setuju HISTEREKTOMI,tanpa sepengetahuan dokter dan perawat yg merawatku saat itu, aku sering menangisi apa yg sdh aku putusin.Dokter hanya bisa melihat senyum yg selalu menghias bibirku...krn seringnya saya bercanda dgn dokter tsb....tp di kedalaman hati, tdk ada yg tahu selain Sang Pencipta...... Saya sadar CENGENG bukanlah jalan keluar, tapi hanya dengan cara itu rasa sedihku bisa berkurang walau hanya sebagian.... Kunjungan para sahabat , tdk bisa menyembuhkan kesdihan ku.....anehnya mereka mengatakan kalau aku ini sang wonder woman...seolah2 tidak terpengaruh dgn kondisi dan situasi yg ada....hmmmm mreka hanya bisa mliat apa yang nampak.....itulah manusia!!!

Seminggu kemudian, tibalah saat bagiku untuk menjalani HISTEREKTOMI alias ANGKAT RAHIM

hik hik..hik....dunia...masihkah bersahabat??adakah jalan lain???
Saat2 menegangkan dan meletihkan dalam hidupku, saat saya hrs menyerahkan rahim / satu2nya icon kewanitaan kepada tangan2 dokter...Jam 7 pagi suster mendorong tempat tidurku ke ruang operasi......... tidak seorangpun yang tahu....betapa kesedihan saya saat itu...INGIN RASANYA BERTERIAK....INGIN MENANGIS SEKUAT TENAGA............Tibalah aku di ruang Operasi dengan para dokter yg berseragam siap operasi.................diantara keping2 hati yang hancur lebur, aku mencoba bangkit.....aku harus mampu melewati smua ini. aku harus bisa!!!Kalau org lain bisa,,...kenapa saya tdk bisa??berapa byk wanita yg mengalami seperti saya??? Paling TIDAK Tuhan masih memberi saya NAFAS untuk bisa membahagiakan keluarga yang aku cintai...suami dan anak saya,.....setidaknya MASIH ADA MEREKA org2 yang menantikan aku, menunggu dengan cemas di ruangan luar operasi. Mereka sedang berdoa untuk saya bisa menjalani operasi ini.....tdk ada yg melihat ketika tetes demi tetes air mata aku sembunyikan....dalam kondisi bius separoh (mereka menyebutnya LOKAL/regional entahlah...) aku hanya bisa mendengar para dokter berbicara bahwa terjadi perlengketan parah......masih terdengar dokter yg menangani saya memanggil dokter bedah...dan menyatakan 'adenomiosis dgn perlengketan' sebleum akirnya aku tdk sadarkan diri............


Pukul 11 siang...

dokter anastesi menyapa namaku dan membangunkan aku dari tidurku...dan kini aku TAHU : aku masih bernafas......aku menahan rasa kesedihan aku, saat itu aku tahu SUDAH SELESAI dan aku adalah seorang wanita TANPA RAHIM.......

Suamiku dipanggil masuk, tiba2 aku merintih menahan sakit.Perutku sakiiiiiit sekali barangkali lebih sakit dari biasanya krn rasa sakit bercampur dengan kesedihan menerima kenyataan pahit!!!! aku histeris menahan kesakitan...yg menyebabkan dokter kemudian menyuntikkan obat bius lagi....akhirnya aku tertidur PULASS!!!!!!

Hari2 Pemulihan sekitar aku jalani di RS, sampai akirnya saya boleh pulang... aku pikir  sdh selesai semuannya. Sampai suatu ketika di rumahku...............ketika aku sendiri...aku tiba2 menangis sesenggukan...menangis sedih ..entahlah. Aku menelpon suamiku sambil terisak, seakan2 baru tersadar kalau inilah kenyataannya....aku seorang wanita yg tidak sempurna!!!Suamiku berusaha menghibur aku dengan hal2 yg rohaniah....dia memberikan aku nasehat2 yg memberi kekuatan.........Suami mengatakan 'kamu tidak sendirian sayang...ada papi dan gadis kecil kita yang begitu sayang sama mama"....jangan putus asa...kamu adalah satu2nya wanita yg aku miliki...aku akan selalu ada untukmu sayang..................."begitulah kira2 sepenggal kalimat yg suami saya sampaikan by phone...........sampai akhirnya saya sadar KENYATAAN INI tidak bisa dihindari...sdh terjadi dan tidak perlu disesali. Aku harus kuat, tidak boleh cengeng...aku harus kembali menata hidupku , puing2 yg hancur dan rapuh....bukankah aku sering menguatkan banyak org.....???kenapa aku begitu tertipu oleh bisikan2 yg mematahkan semangat????? Hidup berjalan terus dan aku harus mensyukuri untuk nafas yang Tuhan ijinkan dalam hidupku, ...RAHIM bukan segala2 nya.....masih banyak hal dalam hidup ini....sebab berapa banyak org cacat lebih parah dari aku...mereka optimis menghadapi hidup??????

BERSAMBUNG

50 komentar:

  1. Adakah keluhan setelah operasi angkat rahim? karena saya juga di voinis dokter utk angkat rahim.

    BalasHapus
  2. hai bunda , saya juga histerektomi., krn rahim saya pada setelah melahirkan tidak kontraksi kembali, sehingga pendaraan dan akhirnya diangkat separuh bun, awal pasca operasi saya sempet dpresi mbak, dan Alhamdulillah hari demi saya lewati dengan kesabaran wlpn kdng nsh tengiang dipikiran saya mengapa terjadi ?? mungkin ini hikmah bagi saya bun, benar apa yang bunda utara bahwa kita hrs optimis terus hidup masih panjang bun. semoga hidup kia diberikan kemudahan oleh Allah SWT Aamiin. :)

    BalasHapus
  3. Hai Para bunda-bunda.... senang bisa mengenal kalian...:)
    saya juga ingin sharing disini agar bunda-bunda dan sayapun tidak merasa sendiri.
    Saya adalah wanita usia 25 Tahun yang juga diharuskan Histerektomi diusia saya yang masih 19 Tahun...
    saya menikah pertama kali dengan seorang laki-laki di usia 19 Tahun..mungkin korban cinta buta atau apalah..yg pasti itulah bagian dari takdir saya.
    pengangkatan rahim diusia 19 Tahun dan kemudian mengalami perceraian dengan pria itu diusia 20 tahun dikarenakan dia dan keluarganya yg tidak bisa menerima keadaan saya hingga mencari wanita lain dibelakang saya...
    Hanya Allah dan Orang tua dan saudara sahabat terbaik saya saat itu hingga akhirnya saya masih bisa tersenyum dibalik ujian saat itu.
    Hanya bisa menangis disetiap doa dan kembali mencoba kuat ketika kembali ke kehidupan setiap hari yang Harus dijalani.
    begitu banyak krikil yang seolah ingin menegaskan bahwa saya adalah wanita yang tidak memiliki Rahim, seperti penolakan dari lawan jenis yang awalnya belum mengetahui kedaan saya dan mencoba dekat dengan saya tiba2 pergi setelah tau keadaan saya... hari demi hari saya jalani dengan optimis ditemani para sahabat yang tak pernah meninggalkan...
    hingga akhirnya sampailah saya pada titik ini...
    saya kembali mengenal seorang pria yang begitu tulus menerima kekurangan saya...serta memiliki keluarga yang memiliki ketulusan dan cinta yang begitu hebat.
    saya selalu percaya Allah tak pernah meninggalkan hambanya sendiri..dan selalu ada pelangi selepas hujan :)
    Akhir tahun 2013 dia menikahi saya dan memperlakukan saya selayaknya seorang wanita "bermahkota"...dia dan keluarganya menerima saya dengan hati yang begitu lapang...hingga kini 2 Tahun pernikahan kami dia dan keluarganya tetap dan semoga akan terus seperti ini menyayangi dan mencintai saya...
    Kini hanya bisa berdoa semoga ketulusan ini akan terus ada dari mereka yang mencintai saya hingga kelah Allah menjemput saya... serta meminta kesehatan dan umur yang panjang penuh keberkahan untuk saya hingga sempat saya bahagiakan mereka yang mencintai saya hingga saya benar2 tau artinya "ketulusan"
    Amin ya Rabbal Alamin...
    untuk para bunda-bunda..ayo tetap semangat dan bahagiakan orang2 disekitar kita...percayalah bahwa kita adalah hamba hambanya yang istimewa yang dipilih oleh Allah SWT... :) Insyaallah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal bunda,,saya salut dengan keteguhan hati dan semangat nya bunda ,semoga selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan bersama keluarga barunya,,amiiin yra..
      Bunda,saya ingin menawarkan ,apabila ada yang menginginkan donor rahim,saya bersedia melakukannya..silakan email saya ..asrielwarastuty01@gmail.com..terima kasih bunda,semoga ada yang berminat..

      Hapus
    2. Besok pagi saya akan operasi histerektomi umur saya 31 blm pernah punya anak ,,,y allah mohon petunjukmu...sedih

      Hapus
    3. Gpp mba hirowatari tetep semangat dan istiqomah mungkin ini jalan terbaik dari Allah untuk mba ..pasti semua akan indah pada waktunya ...saya juga pernag menjalani operasi angkat rahim mba memang itu sangat menyedihkan tapi saya ikhlas mungkin ini jalan terbaik untuk kesehatan saya dan masa depan saya...jadi kesimpulannya percayalah Allah itu pasti memberi cobaan sesuai dengan kemampuan hambaNya.. wasssalm

      Hapus
    4. Mba dr segi kesehatan, ada keluhan kah mba stlh angkt rahim ? Sy jg diharuskan angkt rahim krn endo, kluhan sy nyeri berlebih saat haid Mungkinkan stlh angkt rahim sy sdh tdk tersiksa lg

      Hapus
    5. Sya jga mau angkat rahim karena miom sy Blom punya anak .sediiiih banget

      Hapus
    6. Assalamualaikum bunda, aku usia 25 thn dgn terpaksa angkat rahim karena pendarahan hamil 7 bln, sebelumnya sy sdh mnjalani opr.sc mlrhrkn 3x dan yg ke 4xnya angkat rahim, bagaimana pengalaman bunda setelah angkat rahim??? Apakah ada yg merasa nyeri tulang?? Penuaan???

      Hapus
  4. Subhanallah bund,ternyata aku tidak sendiri,3 minggu yang lalu aku pun baru saja operasi pengangkatan rahim karena mioma uteri yang sudah tumbuh subur di rahimku.
    Niat mau menambah anak,aku malah menyimpan gumpalan daging di rahimku.Tetap bersyukur selalu,karena Allah tidak akan memberi ujian yang tidak dapat kita lalui.Semangat ya...semua..
    Karena kita adalah wanita istimewa dengan diberi Nya ujian seperti ini...

    BalasHapus
  5. tanggal 3 desember lalu saya pun baru melakukan hal yang sama, histerektomi karena miom. saya sedang dalam masa penyembuhan. masih sering terasa nyut-nyut di perut. mohon doanya dari bunda semua. kita saling menguatkan ya...aamiin yra

    BalasHapus
  6. Tahun depan usia saya 40..anak saya sdh 2, alhamdulillah .Sbenarnya masih pingin punya anak lagi..tapi miom di rahim saya cukup besar dan harus histerektomi. Masih bimbanggggg sekali. Ngerii juga...jadi blm berani ke dokter lagii...banyak banget obat dan ramuan herbal yg sdh saya minum. sempet terhambat pertumbuhan miom nya, tapi kemudian smakin membesar...smoga Allah Subhanallahu Wata'ala Memberi petunjuk dan kekuatan hati saya. aamiin..trima kasih share nya para bunda...semangatttt...

    BalasHapus
  7. pasca operasi ,,, saya cepat merasa cape,,,,, tapi nga apa, jalani aja

    BalasHapus
  8. pasca operasi ,,, saya cepat merasa cape,,,,, tapi nga apa, jalani aja

    BalasHapus
  9. hi..... aku jg histerektomi 3 minggu yg lalu,, karna miom dan kista coklat,, selain itu... ginjal aku jg bengkak gara2 c miom menekan kantung kemih ku,, jd sampai saat ini msh terpasng selang d ginjalku,, tp alhamdulillah alloh swt msh memberikan ku nafas untuk khidupan yg lebih baik...

    BalasHapus
  10. Bunda boleh sharing disini? Saya gadis belum menikah usia 20tahun saya ingin mempunyai keturunan tp saya bingung dengan dokter yg telah memvonis saya memiliki miom sebesar 25cm kaka saya melalukan pengobatan herbal tp saya sudah dijadwalkan selasa ini tgl 16 agustus jadwal oprasi. Saya bingung apa yg hars saya lakukan apakah oprasi atau membatalkan oprasi lalu herbal saja. Terimakash bunda assalamualaikum

    BalasHapus
  11. saya juga pernah menderita adenomiosis dan kesimpulannya harus angkat Rahim . tadinya saya sangat sedih dan ga bisa membayangkan kedepannya karena saya seorang wanita yg tanpa rahim betapa sangat menyedihkan tapi saya sadar karena ini juga demi kebaikan dan kesehatan saya , sebenarnya saya ingin kembali mempunyai momongan tapi mengingat usia sy yg sudah 40 th kemungkinan sangat riskan utk mengandung lagi akhirnya keputusan angkat rahim adalah jalan terbaik yg harus di lakukan,Dengan kekuatan hati dan dukungan suami dan keluarga saya akhirnya saya dapat menjalani operasi histerektomi tersebut.Setelah operasi pengangkatan rahim saya merasakan keputus asaan dan penyesalan ..tapi life must go on masih ada 2 org anak sy dan suami yg membutuhkan saya untuk hidup lebih sehat lagi.Alhamdulillah sekarang saya menjalani hidup dengan normal dan mungkin ini juga sudah jalannya Yang Maha Kuasa ,saya hanya bersyukur dan berdoa semoga segalanya berjalan lancar dan tidak ada kendala kedepannya ..Angkat Rahim bukannya akhir dari segalanya..Hidup ini terlalu indah untuk di sia siakan..masih banyak hal2 lain yg lebih penting lagi dari pada menyesali sesuatu yang sudah lalu...Tetap Semangatt menjalani hidup ini..Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ask
      Stlah oprasi ada akah efek samping nya buk ? Mngkin stlah brp bulan atau tahun kemudian ?

      Hapus
    2. Ask
      Stlah oprasi ada akah efek samping nya buk ? Mngkin stlah brp bulan atau tahun kemudian ?

      Hapus
  12. ,,sampai nangis aku mbak..apa jadinya jika ibu saya merasakan hal yg sama sprti mbk... ibu sy jg direkomendasikan segera oprasi angkt rahim jg.. Dn sy sbgai anak yg gk paham soal medis ,bingung hrus berbuat apalagi utk kesembuhan ibu saya..minta doa nya mbk supaya diberi kesembuhan buat ibunda sy..

    BalasHapus
  13. ,,sampai nangis aku mbak..apa jadinya jika ibu saya merasakan hal yg sama sprti mbk... ibu sy jg direkomendasikan segera oprasi angkt rahim jg.. Dn sy sbgai anak yg gk paham soal medis ,bingung hrus berbuat apalagi utk kesembuhan ibu saya..minta doa nya mbk supaya diberi kesembuhan buat ibunda sy..

    BalasHapus
  14. Aku boleh nanya kan?? Kemarin ibu saya habis operasi angkat rahim .. dan skrng keadaan nya lom setabil Karena obat bius .
    Yg saya mau tanyakan ..
    Berapa hari untuk bisa setabil kembali ya ?

    BalasHapus
  15. Saya bln okt 2016 kmrn histerektomi total krn ada myom sebesar 20 cm dan mengakibatkan pendarahan sampai hb saya tinggal 6,kbtln sy sdh pny 2 anak yaitu laki2 dan perempuan,usia sy 36 th saat histerektomi total di lakukan dan anak2 saya jg msh kecil 7 th dan 3,5 th,setelah histerektomi sy merasakan hidup lbh semangat dr sblm histerektomi total krn saya jd lbh bnyk beribadah kepadaNya.Angkat rahim bukan akhir dari segalanya,lebih baik kita sehat selalu walau tanpa rahim daripada bertahan dengan rahim tetapi membahayakan nyawa kita sendiri karena ada penyakit di dalamnya sedangkan tugas saya masih panjang untuk mngantarkan anak2 saya menuju ke gerbang kesuksesan masa depannya,life must go on,ada banyak hikmah dari semua yang sudah di tetapkan menurut kehendak-Nya.Tetaplah bersemangat dalam menjalani hidup

    BalasHapus
  16. Saya bln okt 2016 kmrn histerektomi total krn ada myom sebesar 20 cm dan mengakibatkan pendarahan sampai hb saya tinggal 6,kbtln sy sdh pny 2 anak yaitu laki2 dan perempuan,usia sy 36 th saat histerektomi total di lakukan dan anak2 saya jg msh kecil 7 th dan 3,5 th,setelah histerektomi sy merasakan hidup lbh semangat dr sblm histerektomi total krn saya jd lbh bnyk beribadah kepadaNya.Angkat rahim bukan akhir dari segalanya,lebih baik kita sehat selalu walau tanpa rahim daripada bertahan dengan rahim tetapi membahayakan nyawa kita sendiri karena ada penyakit di dalamnya sedangkan tugas saya masih panjang untuk mngantarkan anak2 saya menuju ke gerbang kesuksesan masa depannya,life must go on,ada banyak hikmah dari semua yang sudah di tetapkan menurut kehendak-Nya.Tetaplah bersemangat dalam menjalani hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat 1 tahun stlh operasi angkat rahim...ttp semangat bunda2,kita dlm kondisi yg sama,insya Allah smua pasti ada hikmahnya,Allah tdk akn mmberi cobaan dluar batas kemampuan kita

      Hapus
    2. Hai mba Diana,
      Boleh berbagi info mba.. bagaimana kondisi mba stlh histerektomi.. apa aja yg berubah selain ga mens lagi.. apa hrs menjalani suntik tapros selama 6 bln? Efek dr suntik itu apa ya mba?

      Saya ada adenomiosis dan hrs histerektomi juga.. tp msh takut menjalani operasi tsb.. akibatnya saya hrs menahan sakit yg sangat tiap dtg bln dan anemia HB 9.6.

      Mohon sharingnya lg ya mba diana.
      Bisa japri ke emailku mba? Di imaluvdora@yahoo.com

      Trimakasih banyak mba.

      Hapus
  17. Insya Allah esok Senin sy pun operasi angkt kista mioma jg rahim. Smg dilancarkan. Smg sll dikuatkan. Smg sll ada hikmah. Smg sy ttp bs sehat seperti sblumx. Amin. Makasih pencerahannya.

    BalasHapus
  18. Tepat 1 tahun sya operasi angkat rahim,stlh 8 thn ada myom dkndungan sya,rejeki ank dberi 1,ttp harus dsyukuri,krn smua psti ada hikmahnya,yg ptg hrs ttp semangat bunda2,kita dlm kondisi yg sama,smga Allah ssntiasa mmberi kita kesehatan,umur yg pnjang dan barokah...aamiin ya rabbal alamin,mgk bsa dshare efek stlh angkat rahim bunda2?

    BalasHapus
  19. kalau bisa jng lakukan histerektomi dulu... masih ada jalan keluar tanpa harus melakukan histerektomi, coba konsultasi kan penyakit teman teman dengan dokter yusuf semoga ada jalan keluar ny amin... no wa dr yusuf 085361675232

    BalasHapus
  20. 3 minggu yg lalu aku baru aja angkat rahim.5 tahun siklus selalu sakit dan baru berani periksa ya itu kemaren dan lsg ambil tindakan operasi.Sempet galau observasi kebeberapa Rumah Sakit kesana sini ,sudah ke-6 Rumah sakit ,berarti 6 dokter memeriksa apa sebenernya penyakit saya dan hrs bagaimana tindakannya.sebulan berusaha mengumpulkan kekuatan utk segera operasi.memang sangat butuh support dari org2 terdekat (Dan sedikit dipaksa).Mayoritas dokter yg sya temuin ya memang hrs angkat rahim. Menjalani operasi aja saya takut,apalagi ditambah hrs angkat rahim. Stresnya double2 saat itu.Ada satu dokter yang memberikan aku option, tidak perlu angkat rahim,hanya angkat miomnya saja.Aku rasanya seneng banget sama saran dokter itu.Berarti sy bisa punya anak lg.Trus terngiang kembali saran dokter lain sebelumnya,bahwa saya hrs angkat rahim karna hormonal saya bisa mengganggu bagian payudara saya yg 6 thn lalu pernah ada tumor(alhamdulillah ga ganas)dan sudah diangkat tumornya aja (payudara masih utuh).Tapi dokter lainnya lg bilang,ga ada hubungannya. Sangat membingungkan mental saya saat itu antara berharap ingin punya anak lg atau membebaskan aku dari jendolan dipayudara lagi. Akhirnya semakin bulat keyakinan bahwa saya hrs sehat dan siap angkat rahim. Apa yg saya inginkan ga selalu jadi milik saya. Saya bisa memiliki apapun yg Allah sudah berikan ke saya.Ini kata2 yg selalu memotivasi hidup saya.Sampai juga saya masuk keruang operasi.Saya hanya melihat sekitar ruang operasi dan saya mulai konsen garis lurus ke Allah. Ya Allah,Engkau yg membuat aku sampai diruangan ini,Engkau juga yg Maha memberikan kekuatan diluar batas kemampuan manusia,saya yakin ini cara Allah dan dia pasti membangunkan saya kembali.Lalu salah satu team mulai memasukan obat keselang infusan saya.entah apa itu. Yg pasti saya merasa agak kleyengan ngantuk2 gitu.Saya sempet debat dengan dokter anastesy nya. Karna beliau bilang saya ga dibius total. Saya ngerengek2 utk minta bius total.karna saya takut dalam keadaan sadar tapi perut dibongkar2.Dokter Anastesy nya membujuk saya.Bahwa katanya kalo bius total nanti setelah sadarnya saya akan merasa lebih sakit dibanding bius setengah/lokal.Nanti yg bagian atas dibikin tidur katanya.Akhirnya saya setuju walau masih ga percaya.Saya disuruh duduk karna mereka akan menyuntikan dibagian tulang belakang bagian bawah. Duduklah saya dan membungkukan badan.Menurut pengalaman cerita katanya suntik belakang itu sangat sakit sekali.Dokter Anastesynya langsung menyemprotkan sesuatu ketulang belakang saya bekali2..dan blaaaasssss... Horeeee saya udah ga sadar dan tidak sempet merasakan disuntik belakang.Sampai akhirnya saya sudah ada diruang observasi selama 6 jam.Dalam keadaan setengah lumpuh bagian pinggang kebawah (pengaruh obat bius),saya belajar pelan2 gerak2in jempol kaki sampai akhirnya berhasil juga miring kekiri dan kekanan (anjuran suster supaya perut ga kaku).disitulah saya berjuang harus segera gerak2 supaya cepat keluar dr ruangan observasi itu dan bertemu dengan semua keluarga saya yg pasti cemas menanti saya diluar sana. 3 hari saya dirawat.Alhamdulillah setelah 3 mggu operasi saya skrg bisa melakukan aktivitas kembali dan setir mobil sendiri,tetap menghindari angkat2 berat dulu.oh iya miom saya sebesar melon/2 kiloan.hehehe.Alhamdulillah saya tidak mengalami stres berat sebagai wanita yg kehilangan rahim.Karna hanya satu yg menguatkan saya.Allah yg meletakan,DIA juga yg memberi aku jalan utk mengangkatnya.Aku terus2an menanamkan positif thinking utk semangat hidup ku.Bahwa Allah sedang menunjukan ke aku,ada berjuta kebahagiaan lain didunia ini yg bisa kita nikmati dan syukuri walau tanpa rahim.Lebih serunya perutku yg tadinya dadut alhamdulillah mengecil.Bangga juga singsetan hehehe.seminggu pasca operasi masih blm ada selera makan.Aku turun 3 kilo. Minggu ketiga udah ada napsu makan malah nambah terus.Untuk kalian yg masih takut2 operasi angkat rahim atau takut apapun dalam menyelesaikan masalah,baiknya hancurkan perasaan takut itu sedini mgkin.Karna menunda2 kebaikan itu adalah perbuatan yg merugi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menyemangati saya mba...saya mau op angkat rahim juga. Sudah lelah bettahun2 trrsiksa saat menstrusi.padahal tahun 2014 saya sudah op ambil miom kista juga. Lha nongol lagi sekarang.

      Hapus
  21. Saya juga diharuskan angkatvrahim, tinggal tentukan tanggal.krn miom,kista&pelengketan.skrg masih galau stress bgg, krn sy blm punya keturunan.dan saat ini sy sakit.Ya Alloh beri jln yg terbaik bagi hambaMu ini.Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mbk kita hanya bisa berdo'a & berserah diri dg kehendak Allah. Semoga Allah memberikan kesembuhan untuk kita yg sedang sakit.

      Hapus
  22. Alhamdulillah,Sy sdh angkat rahim tgl 13 April 2018 lalu.Skrg msh dlm pemulihan.Sy sdh pasrah ikhlas dgn opsi terakhir angkat rahim,sdh suntik 6 kali ttp tdk ada perubahan.Oh ya Sy sakit miom,dinding rahim tebal,endometriosis jg adenomiosis.Alhamdulillah wkt dioperasi ketahuan jg....tuba falopi bengkak jd diangkat 1 yg kanan.

    BalasHapus
  23. 4bln yg lalu sy jg hrs operasi angkt rahim, di karenakan ada myoma uteri
    Yg sdh 8 cm dn 4lain ny msh kcl",sy jg sedih karna sy tdk punya rahim lg, tp sy bersyukur sdh punya dua putra putri, sedih ingin punya anak lg tp rahim ku sdh di amabil.. Ya Allah beri sy kekuatan ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฐ

    BalasHapus
  24. Pas baca komentarnya ternyata ada Yg kasusnya seperti saya. Di umur saya Yg masih 22 tahun harus menghadapi kenyataan kalau saya sudah menopause. Saya angkat rahim di tgl 25 jun 2018 setelah operasi caesar, dokter bilang rahim mengalami pendarahan dan harus segera di angkat atau nyawa saya taruhannya. Suami di kasih tau dokter langsung menyarankan pengangkatan rahim agar saya selamat. Di ruang operasa suami bilang "gpp ya syg, yang penting udah ada dede" saya pun langsung menangis menerima kenyataan di umur yg masih muda sudah kehilangan mahkota berharga saya. Sempet depresi pasca operasi, tapi setelah melihat bayi yg selama ini saya dambakan semuanya hilang. Alhamdulillah sekarang saya dan suami bahagia walau hanya mempunyai 1 orang putra ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi mba, bisa saya minta alamat email/WA nya? ada yang mau saya tanyakan. Terimakasih :)

      Hapus
    2. Kita mempunyai nasip yang sama ya mba keep spirit

      Hapus
  25. Saya juga di vonis dokter utk angkat rahim krn ada 2 miom besar. Saya dijadwalkan operasi pertengahan nov bsk pakai bpjs. Adakah yg pernah operasi angkat rahim menggunakan bpjs? Beda nggak ya perlakuan operasinya dg rs swasta.. khwatir biayanya mahal..

    BalasHapus
  26. Sy berumur 30 th..pernah menikah 9th ttp blm diberi keturunan..mantan suami sy meninggalkan sy..dan menikah dg perempuan lain tnpa menunggu lama mantan suaminya dikarunia i seorang Putri..disaat yg sama sy disini divonis adenomiosis..2th sy merasakan keluar masuk rumah sakit..bulan kemaren sy pendarahan begitu hebat hingga Hb sy turun 6,4 dan sy butuh transfusi..sy kembali priksa,sy berganti dokter lagi krn berharap ada solusi lain selain histerektomi..namun,berita dokter kembali pahit,,bahwa sy memang diharuskan pengangkatan rahim..sy takut sy blm pernah punya anak..blm menikah lagi..dan berfikir bahwa mahkota perempuan sy pun mau diambil..ttp keluarga,teman",dan ada satu laki" yg mendekati sy yg Setia menemani sy keluar masuk rumah sakit..semua mendukung untuk sy melakukan proses itu..sy berharap langkah sy untuk pengangkatan rahim adalah keputusan yg tepat..sblm sakit sy semakin parah...trimkasih komentar ibu" diatas membantu sy untuk yakin..bahwa sy tdk sendirian..

    BalasHapus
  27. Sy berumur 30 th..pernah menikah 9th ttp blm diberi keturunan..mantan suami sy meninggalkan sy..dan menikah dg perempuan lain tnpa menunggu lama mantan suaminya dikarunia i seorang Putri..disaat yg sama sy disini divonis adenomiosis..2th sy merasakan keluar masuk rumah sakit..bulan kemaren sy pendarahan begitu hebat hingga Hb sy turun 6,4 dan sy butuh transfusi..sy kembali priksa,sy berganti dokter lagi krn berharap ada solusi lain selain histerektomi..namun,berita dokter kembali pahit,,bahwa sy memang diharuskan pengangkatan rahim..sy takut sy blm pernah punya anak..blm menikah lagi..dan berfikir bahwa mahkota perempuan sy pun mau diambil..ttp keluarga,teman",dan ada satu laki" yg mendekati sy yg Setia menemani sy keluar masuk rumah sakit..semua mendukung untuk sy melakukan proses itu..sy berharap langkah sy untuk pengangkatan rahim adalah keputusan yg tepat..sblm sakit sy semakin parah...trimkasih komentar ibu" diatas membantu sy untuk yakin..bahwa sy tdk sendirian..

    BalasHapus
  28. Subhanallah...brsyukur sekali aku menemukan kisah"dr bunda"...bismillah..aku hrs siap untuk oprasi..agar sehat kmbali wlw tnpa rahim nnt ny...

    BalasHapus
  29. Mbak coba brobat dengan Dr yusuf. Istri saya dahulu juga ada kista 9 cm alhamdulillah sudah sembuh dan tanpa oprasi Mbak. Kista nya hilang sendiri semenjak minum obat racikan dokter yusuf dan itu di jalani selama 2 bulan dan alhamdulillah sembuh total. Coba brobat lah dengan dokter yusuf insyah Allah bisa sembuh juga. Ini nomor beliau 0853-6167-52-32

    BalasHapus
  30. Coba hubungi beliau mungkin beliau bisa bantu kesembuhan ibu ibu sekalian

    BalasHapus
  31. Mystino Casino: 50 FS | Casino In Japan
    Mystino bk8 is an online casino that offers a large variety of jeetwin games and a lot of promotions. You can enjoy some of the ใƒŸใ‚นใƒ†ใ‚ฃใƒผใƒŽ best slots games and

    BalasHapus
  32. GameSpy is one Of The Best Live Casinos In The World
    GameSpy was founded in 1996, and has since become one of the most kirill-kondrashin innovative in the world. However, the ์นด์ง€๋…ธ company developed a gaming business called

    BalasHapus